Casually Mux

Mux Casually

Mengubah Delay dan Stretch Audio di Matroska

with 57 comments

Terkadang kita menemukan file video yang audionya tidak sinkron dengan gambarnya. Terkadang hanya terdengar lebih awal atau lebih akhir namun lajunya relatif sama dengan gambarnya. Untuk mensinkronkan audio seperti ini cukup dengan mengubah delay pada player atau decoder audio pada saat memutarnya, atau dengan melakukan penyesuaian pada kontainer dengan cara muxing ulang.

Namun terkadang audio tersebut memiliki laju yang berbeda dengan gambarnya, sehingga yang awalnya pas namun kelamaan jadi tidak pas dengan gambarnya. Untuk menyesuaikan audio semacam ini bisa dilakukan dengan encoding ulang audionya, namun cara ini memakan waktu cukup lama. Ada cara lain. Beberapa kontainer memiliki fitur untuk stretch audio tanpa harus melakukan encoding ulang. Kita tinggal menyesuaikan nilai stretch pada kontainer tersebut. Karena tidak melakukan encoding, prosesnya hanya memakan waktu beberapa detik sampai 1-2 menit saja, tergantung besar file dan kecepatan komputer. Salah satu kontainer yang memiliki fitur tersebut adalah matroska (.mkv).

Dengan menggunakan matroska sebagai kontainer, kita bisa mengubah delay dan stretch audio dengan cara muxing ulang. Untuk melakukannya kita bisa menggunakan paket aplikasi MKVToolNix yang bisa diunduh dengan gratis. Jalankan mkvmerge GUI (mmg.exe) ketika MKVToolNix sudah terinstall.

mkvtoolnix-delay-or-stretch-audio-up

1. Buka file yang audionya hendak disesuaikan, bisa bermacam kontainer: AVI, MP4, MKV, dll.

2. Klik stream audio yang hendak disesuaikan.

3. Klik tab “Format spesific options”.

4. Apabila ingin mengubah delay, isikan di bagian Delay. Nilai positif untuk audio terdengar lebih akhir atau nilai negatif agar audio terdengar lebih awal. Nilai ini dalam satuan milidetik (seperseribu detik).

5. Untuk melakukan stretch, masukkan nilai di bagian Stretch by. Kita bisa memasukkan nilai dengan dua format, berupa pecahan seperti pada gambar di atas, atau dengan koma (mis: 1.002). Nilai lebih dari 1 (mis: 1.001 atau 1001/1000) akan membuat durasi audio jadi lebih panjang, sedang nilai kurang dari satu (mis: 0.999 atau 999/1000) akan membuat durasi audio jadi lebih pendek.

6. Setelah memastikan nama file output sesuai dengan keinginan, klik tombol “Start muxing”.

Silakan putar file hasilnya, Anda akan mendapatkan bahwa audionya sudah berubah. Apabila tidak, kemungkinan codec, splitter, atau filter pada sistem Anda tidak mendukungnya dan perlu di-upgrade atau diganti. Mungkin pada saat muxing pertama kali audionya masih belum pas. Anda mungkin harus melakukan eksperimen dengan mengubah-ubah nilai yang Anda masukkan pada “Stretch by” kemudian muxing (no.5 dan no.6) dan mengulangnya hingga audionya dirasa benar-benar pas. Pada kasus ektrim Anda mungkin juga perlu menggabungkan delay dan stretch agar audionya benar-benar pas.

Written by Sagippio

13 January 2013 at 10:44

Posted in Audio

Tagged with , , , , ,

57 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. yg bagian 4 mksdnya gmna bos?

    zzzzz

    6 February 2013 at 1:16

    • Kadang gambarnya dulu gerak baru suaranya kedengaran, itu artinya audionya telat dan kita ingin audio jadi lebih awal, jadi nilai yang kita masukkan minus. Misal, jika ingin audio jadi lebih awal 0,2 detik, kita masukkan nilai -200 di Delay.

      Begitu pula sebaliknya, kalau suaranya kedengaran lebih dulu dari gambarnya, artinya audionya terlalu awal dan kita ingin jadi lebih akhir, jadi kita masukkan nilai positif. Misal, jika ingin audio jadi lebih akhir 1 detik, kita masukkan nilai 1000 di Delay.

      Sagippio

      6 February 2013 at 11:23

      • Itu artinya panjang audio dan video nya berbeda. masukkan nilai strech untuk memperpendek/memperpanjang audionya sehingga sesuai. Jika audio awal nya sama kemudian menjadi lebih lambat masukkan nilai strech 0.999

        sarwono

        15 April 2015 at 11:30

  2. sy pnya video yang awalnya pas namun kelamaan jadi tidak pas dengan gambarnya,, itu sebaik’a cara mengatasi’a gmna ?

    Rendy Prasetya

    6 March 2013 at 10:06

    • tidak pasnya bagaimana? audionya jadi lebih awal atau lebih akhir? silakan coba dulu sesuai tulisan di atas.

      Sagippio

      6 March 2013 at 10:50

    • Itu artinya panjang audio dan video nya berbeda. masukkan nilai strech untuk memperpendek/memperpanjang audionya sehingga sesuai. Jika audio awal nya sama kemudian menjadi lebih lambat masukkan nilai strech 0.999

      sarwono

      15 April 2015 at 11:31

  3. – Masalah terpecahkan!

    kalau dulu saya pisahkan audio sama gambarnya
    atur speed suara/gambarnya biar pas
    lalu re code lagi < dan saya dapatkan hasil yang buruk !!

    baru tau kalau sync video semudah ini .. hanya remux

    thanks ! ini sangat membantu saya ….

    Wahyu Adi Putra

    10 March 2013 at 11:12

  4. sy pnya vidio awal’y pas namun lama klamaan audio’y jd lambat .. gmn itu bos?

    heros

    16 May 2013 at 16:10

    • Supaya sama bisa melakukan stretch audio (membuat durasi audio jadi lebih panjang) dengan nilai stretch by lebih dari satu, misal: 1.002 atau 1002/1000 -> dicoba2 nilainya hingga pas.

      Sagippio

      16 May 2013 at 16:58

  5. boss kalau mengubah audio film yg berbahasa itali ke English bisa nggak?

    seven25

    19 May 2013 at 19:31

    • Maksudnya audio default?

      Kalau di file videonya ada multiple audio, misal English sama Italiano, dan awalnya defaultnya Italiano, bisa aja diganti defaultnya jadi English.

      Caranya bisa pakai mkvmerge GUI, pilih audio track yg ingin dijadikan default (mis: English), trus di tab General track options di pilihan Default track flag diganti jadi yes. Trus Start Muxing. File outputnya default audio tracknya sudah ganti.

      Tapi kalau cuma ada satu track audio Italio trus pengen jadi English, ya yang bisa tukang sulap (atau mungkin 10-20 tahun lagi kalau teknologi sudah memungkinkan), hahaha.

      Sagippio

      19 May 2013 at 19:51

  6. saya masih bingung gan tentang stretch video,
    mula-mulai video saya tidak sinkron dengan suaranya,,
    saya edit di delay menjadi 1600,,
    suara dan videonya jadi pas,,
    namun saat video di menit 1.10 ,,
    suara malah menjadi lebih cepat dari videonya,,..
    itu gimana cara memperbaikinya gan ?
    thanks.

    • lebih cepat, artinya suaranya dulu baru gambarnya atau gambarnya dulu baru suaranya?

      kalau suaranya dulu, perlu di-stretch dengan nilai lebih dari 1, misal: 1.005. kalau gambarnya dulu, nilainya kurang dari 1, misal: 0.995.

      Sagippio

      20 May 2013 at 19:59

      • Gan, ada satu pertanyaan??
        Ane pnya film yg pda awalnya gambar dan suara pas, tapi pda part bgian akhirnya cenderung suaranya yg lebih cepat dari gambarnya? itu solusinya gmn?

        kan, klw kta agan, klw suaranya dulu, prlu di stretch dg nilai lebih dari satu. klw itu sudah di lakukan apakah itu akan mempengaruhi gambar dan suaranya yg sudah pas di bagian awal. padahal kan ane ingin memperbaiki suaranya yg lebih cepat dr gambar hanya pada bagian akhir film saja.???

        sam_anan

        29 May 2013 at 2:42

      • Klo pake cara di atas cuma remux gan, ga pake encoding ulang. Jadi ga mengubah data audio-videonya, jadi kualitasnya ga berubah. Yg diubah cuma nilai setting di file kontainer.

        Sagippio

        29 May 2013 at 5:44

      • Iyaa gan udah, tp msih aja gituh!

        alvinda77

        27 October 2014 at 19:49

  7. saya ada video yang awalnya, audionya pas namun kelamaan jadi tidak pas dengan gambarnya,, bagaimana cara mengatasinya?
    itu video hasil encode sendiri. sudah 2 kali encode namun hasil sama saja. ditengah video audio mulai tidak sinkron. suara datang terlambat

    file Mp4 3,2GB encode menjadi MKV 350mb menggunakan cyko.
    Apa ada kesalahan dalam encoding? jika ada mohon bantuannya.

    Anton

    11 June 2013 at 20:11

    • Coba diperiksa apakah panjang durasi videonya berubah, yg bisa disebabkan oleh konversi framerate. Atau bisa juga krn konversi frekuensi (kHz) audio. Kalau memang tidak perlu, usahakan framerate video dan frekuensi audio tetap seperti aslinya. Kalau encoding audio dan video boleh dikonversi dengan format terserah.

      Sagippio

      11 June 2013 at 20:52

  8. Kalau video saya kok lambat ya? Jadi audionya itu normal, tapi videonya kayak di-slowmotion. Akhirnya audionya keluar duluan, setelah selesai , videonya ikut selesai, padahal belum selesai. Selama merekam itu nggak ada problem, namun saat videonya diputar di laptop jadi seperti itu, padahal mau diedit. Cara mengatasinya bagaimana?

    Winda

    3 July 2013 at 1:19

    • silakan dicoba di komputer lain. kemungkinan codec di laptop yg dipakai perlu diupdate, atau prosesor laptopnya tidak cukup kuat untuk memutar videonya (terutama kalau rekamannya disimpan dalam format H264/AVC dan resolusinya HD).

      Sagippio

      24 July 2013 at 17:55

  9. dasyat om ane berhasil ini.. makasih lhoo sarannya..

    ikhsan

    31 July 2013 at 23:42

  10. bisa memperbaiki untuk format yang lain gak?? kayak .avi gitu??

    ayu

    11 November 2013 at 11:02

    • Setau saya .avi tdk punya fitur stretch audio, jadi kalo punya file .avi yg perlu di-stretch, buka aja pake aplikasi di atas trus di-Save As jadi .mkv. Proses ini disebut remuxing (memindah konten audio/video dari .avi ke .mkv tanpa encoding ulang).

      Sagippio

      11 November 2013 at 12:56

  11. saya punya video yang awalnya gambar dgn audionya pas tapi lama kelamaan audionya lebih cepat. sudah saya remux dan akhirnya sycn tapi audionya putus2, itu kenapa yah ?
    thank’s b4

    yudicmos

    13 December 2013 at 9:18

    • kemungkinan format audio & decoder audio nya tdk support on-playback stretching, silakan coba update codec audionya.

      Sagippio

      13 December 2013 at 14:13

  12. gimana cara nentuin waktu yang akan di syncron timmingnya? soalnya kasus yang saya punya, suaranya bermasalah di tengah film, gak dari awal.

    makasih untuk jawabannya.

    Arron

    16 December 2013 at 12:35

    • Apakah suaranya awalnya sinkron, namun tiba2 tidak sinkron mulai pada waktu tertentu? Kalau permasalahannya spt itu mungkin agak rumit. Kemungkinan ada kerusakan file atau error pada waktu proses encoding. Untuk memperbaiki tidak semudah cara yg ditulis di atas.

      Kalau suaranya perlahan jadi tidak sinkron, namun baru disadari setelah waktu tertentu, ini yang bisa diperbaiki dgn cara spt di tulisan blog di atas. Sebenarnya kalau nggak mau ribet menghitung, bisa dicoba2 trial-and-error sampai ketemu nilai stretch yang dirasa pas.

      Kalau mau nilai stretch dgn menghitung, dengan asumsi audio di awal sinkron namun di akhir tdk sinkron, hitung brp milisecond keterlambatan (atau lama terlalu cepatnya). Kemudian gunakan rumus:

      nilai stretch = total durasi video / (total durasi +/- keterlambatan/cepat)

      Misal keterlambatan 2000ms (2 detik pas) di akhir video, dengan durasi total video 10 menit pas (600.000ms) jadi nilai stretchnya 600.000/(600.000+2.000) = 0,99667774086378737541528239202658

      Sagippio

      16 December 2013 at 15:08

  13. thanks infonya gan…
    membantu banget 🙂

    Maryatul QIbtiyah

    28 December 2013 at 0:28

  14. Saya punya video terpisah. Visualnya saya rekam pakai webcam, audionya saya rekam di hp. Pas disatukan sudah saya tepatkan di bagian awal antara audio dan visual. Tapi lama kelamaan audionya lebih cepat dari visualnya. Itu bagaimana menyinkronkannya ya? Saya sangat awam dalam masalah seperti ini. Mohon bantuannya

    telescope

    7 January 2014 at 14:01

    • utk proses tanpa encoding, silakan coba cara seperti artikel + jawaban pertanyaan sebelumnya, yg ada rumus nilai stretch-nya.

      Sagippio

      8 January 2014 at 0:13

      • Udah saya coba dan berhasil. Tks
        Tapi, formatnya mkv ya Om? Saat saya konversikan ke mp4 audionya kembali ke semua. Gimana cara ngatasinya ya?

        telescope

        9 January 2014 at 10:20

    • Memang cara ini cm buat .mkv karena sebenarnya cm quick-fix yg memanfaatkan fiturnya .mkv sbg container, tanpa mengubah data audio ataupun videonya. Jadi kalo kemudian di-mux ke .mp4 lagi ya audionya kembali seperti semula. Setau saya container .mp4 nggak punya fitur stretch audio.

      Kalau memang ingin dibuat permanen ya audionya harus diedit dgn aplikasi editing audio, lakukan stretch dgn nilai yg sudah dihitung tadi. Setelah itu file audio outputnya di-mux ke .mp4 bersama videonya.

      Sagippio

      9 January 2014 at 11:52

      • Caranya gimana Om? <– (salah ngga nih panggilan? #piss)
        Minta tolong didetailkan berikut aplikasi yang recomended. Saya sangat awam dalam hal begini. Tks

        telescope

        9 January 2014 at 13:11

    • Saya sendiri udah kira2 5 tahun nggak main encoding audio/video, alias udah pensiun, jadi mgkn ilmu saya udah banyak yg kadaluarsa & utk detailnya susah membantu. Kalau dulu sih saya pakai aplikasi Audacity, silakan google, termasuk cara stretch audionya. Seingat saya nggak susah kok. 🙂

      Sagippio

      9 January 2014 at 13:43

      • Terimakasih ilmu dan fast responnya ^^b

        telescope

        9 January 2014 at 17:39

  15. bang kok abis ane coba filmnya kgk muncul suaranya

    penikmat film

    26 April 2014 at 15:24

    • pastikan sblm klik start muxing, track audionya masih kecentang.

      Sagippio

      27 April 2014 at 1:12

  16. saya ada sedikit pertanyaan. please sagippio add me at facebook. naufal_hafizi@yahoo.com. after add tell me

    Naufal

    2 August 2014 at 23:34

    • Menurut saya pertanyaan lebih baik disampaikan di sini.

      Sagippio

      29 September 2014 at 17:03

  17. Gan ane mau nanya, ane punya stage AKB48 Pajama Drive.
    Udh di strecth pake 1.006 udh sinkron, tp pas di 1:10 mulai lambat gambarnya!
    Gmana ya?
    Mhon bantuan nya gan!

    alvinda77

    27 October 2014 at 20:04

    • Silakan dicoba dikurangi stretchnya jadi 1.004 atau 1.006. Kalau masih blm pas bisa diubah sampai pas.

      Kalo ada link donlodnya, boleh saya coba klo sempat.

      Sagippio

      31 October 2014 at 15:46

  18. terimakasih sangat membantu.

    dodok

    24 December 2014 at 19:11

  19. mas maaf OOT dari topik cuman mau tanya.. klo mkv merge gui udah saya coba buat ngubah file2 flv, mp4 untuk dijadiin format mkv tanpa encoding… tapi kalau WMV tidak bisa… adakah aplikasi khusus mwv buat dijadiin mkv atau apalah format selain flv dan WMV… soale kalau kedua format itu klo buat nyetel video kadang lama loadingnya klo di fast foward hehehe

    jati

    14 January 2015 at 21:26

    • setau saya format wmv memang agak susah karena masalah copyright, jadi program open source banyak yg ga support wmv. kalau mau encode ulang bisa sih pakai avisynth, pakai directshowsource, tapi kalau cuma remux nggak bisa.

      Sagippio

      27 January 2015 at 20:52

  20. gan,,sy udh pake sesuai aturan diatas delay sy pake -100 dan strech 1002/1000 tp hanya diawal bagus tp selanjutx suara lebih cepat dr video..sy pake difilm taken3 ,,
    mohon bantuannya..

    ddk10net

    27 January 2015 at 18:26

    • sepertinya stretchnya kurang, gan. bisa dicoba nilai di atas 1002 (mis: 1003, 1004, dst). memang stretch ini gmn caranya ngepasin nilai stretchnya bisa cocok. kalau mau, bisa dikasihtau ke saya link filenya ntar saya bantu cobain.

      Sagippio

      27 January 2015 at 20:54

      • filmx sy download diganool.com gan,,bersi webdl720p ini lunkx gan http://ganool.com/taken-3-2014-720p-web-dl/..
        bxk yg ngeluh tuh,,beruntung bgt kl agan mw bantu,,bkn cm buat sy pribadi..tp buat temen2 yg udh trlanjr download jg..bkln bxk pahalax tuh,,hehehe,,makasih sebelumx y gan..
        sy cba dl sesuai yg agan bilang…

        ddk10net

        28 January 2015 at 7:12

      • Up gan
        Ane juga dapat masalah yang sama di film Taken 3 web-dl dari g*nool

        gerryranz

        30 January 2015 at 21:11

    • Oke, coba masukkan nilai delay -808 dan stretch 1.00115. Mungkin agak async dikit (bbrp milisecond) tapi udah lumayan enak didengerin.

      Sagippio

      31 January 2015 at 1:13

      • thanks bro,,gw cobain dl..

        ddk10net

        31 January 2015 at 7:14

      • Thanks banget ni bro..
        sampe capek eksperimen gak ketemu2 yang pas…
        :3

        gege

        1 February 2015 at 21:50

  21. Makasih banget buat agan casualmuxer,
    infonya bermanfaat dan udah bersedia ngebantu temen2 yg mau nonton teken 3.

    olle

    1 February 2015 at 12:57

  22. gan maksudnya Stretch itu gimana ya?

    fakhri

    24 May 2015 at 14:23

    • stretch itu merentangkan/memolorkan, misal audio yang dari 100 detik jadi 101 detik.

      Sagippio

      24 May 2015 at 14:33

  23. gan numpang tanya neh, ada video formatnya mkv, yang audio nya tidak sinkron hanya di tengah-tengah video saja beberapa menit, namun cukup mengganggu, itu gimana ya caranya, jadi kalo didengarkan seperti ada jeda brp detik hilang audio nya, tapi hanya sedikit di tengah, sedngkan dari awal & setelah yang bagian tdk sinkron itu semua normal

    xander

    28 May 2015 at 11:08

    • kalau itu editingnya yg jelek, ga bisa diperbaiki dgn delay atau stretch, harus lewat proses editing yg ga sesederhana delay dan stretch.

      Sagippio

      28 May 2015 at 13:39

  24. Penjelasannya kurang jelas nih… >.<

    Saladin

    21 December 2015 at 15:54


Leave a comment